Sejarah Singkat Hiroshima Castle

Ketemu secara nggak sengaja dan sempat hunting perahu di danau sekitarnya, rasanya ada yang kurang kalo nggak sekalian dibahas tentang sejarah singkat Hiroshima Castle yang dibangun tahun 1590 dan dibangun ulang tahun 1959 pasca di bom atom Sekutu.

Namanya nggak sengaja atau insidental temuin Hiroshima Castle dalam perjalanan trekking menuju Peace Memorial Park. Mau masuk ke dalam tapi takut nggak cukup waktu karena harus tiba kembali di Tokyo sebelum tengah malam. Apalagi nggak ada Shinkansen yang langsung dan harus transit di Shin Osaka Station. Kalopun ada nggak dicover JR Pass.

Makanya itu sebagai ganti diisi dengan foto-foto bangunan bersejarah yang sempat rata akibat bom atom Sekutu di 6 Agustus 1945. Selain itu juga sekalian coba sensasi baru hunting perahu yang disewa turis buat ngelilingi danau di sekitar Hiroshima Castle. Baru terjadi ada Railfans hunting perahu, biasanya mah bus atau pesawat kalo lagi bosan sama kereta api.

Karena sempat hunting di dekatnya, rasanya kurang banget kalo sejarah Hiroshima Castle nggak sekalian dibahas meski sedikit.

Hiroshima Castle Dibangun Mori Terumoto

Hiroshima Castle dibangun tahun 1590 oleh Mori Terumoto (1553-1625) pada masa Azuchi-Momoyama (1573-1603) saat Toyomi Hideyoshi memerintah Jepang. Mori sendiri bekerja pada Hideyoshi dan masuk dalam anggota dewan pemerintahan di masa itu. Sayang di tahun 1600 Mori kehilangan jabatannya dan digantikan oleh Fukushima Masanori.

Masanori juga kehilangan posisi akibat terlambat melaporkan kerusakan pada Hiroshima Castle tahun 1619 karena diterjang banjir. Kerusakan diperbaiki di masa pemerintahan Tokugawa hingga di kemudian hari Asano Nagaakira menjadi pemimpin Jepang dan Hiroshima Castle tetap berdiri namun hanya difungsikan sebagai tempat tinggal keluarga Fukushima dan Asano hingga akhir periode Edo

Hiroshima Castle sebagai Pusat Militer Jepang hingga Jadi Korban Bom Atom tahun 1945

Setelah Restorasi Meiji tahun 1868, Hiroshima Castle jadi basis militer utama Jepang terutama pada masa Perang Tiongkok-Jepang pertama 1894-1895. Hiroshima Castle ditetapkan sebagai warisan budaya pada tahun 1931 atau Periode Showa. Disinilah Jepang mulai terlibat dalam insiden Manchurian, Perang Jepang-Tiongkok ke 2, hingga Perang Pasifik (bagian dari Perang Dunia II).

6 Agustus 1945 Sekutu menjatuhkan bom atom pertamanya di Hiroshima untuk memaksa tentara kekaisaran Jepang menyerah. Hiroshima pun rata dengan tanah, Hiroshima Castle tak luput dari serangan mematikan Fat Man tersebut. Warisan budaya yang telah dibangun sejak periode Azuchi-Momoyama inipun ikut rata dengan tanah

1959 Hiroshima Castle Dibangun Lagi

Serangan Bom Atom ke Hiroshima tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki 9 Agustus 1945 akhirnya berhasil memaksa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu sekaligus mengakhiri Perang Pasifik. Jepang berada pada titik nadir, bukan cuma kalah perang, tapi juga terpuruk dari segi sosial dan ekonomi.

Hingga pada akhirnya Kekaisaran Jepang mulai mencoba bangkit dari keterpurukan dan menata kembali kehidupan sosial masyarakatnya. Rekonstruksi pasca perang dimulai pada tahun 1946 yang diikuti dengan penarikan pasukan Sekutu sampai tahun 1952. Tahun 1956 Jepang menjadi anggota Dewan Keamanan PBB.

Salah satu wujud kebangkitan Jepang setelah terpuruk pada Perang Dunia II ialah Hiroshima Castle dibangun lagi di tahun 1959. Interiornya pun diperbaiki lagi di tahun 1989, di awal periode Heisei. Kini Hiroshima Castle jadi salah satu tempat tujuan wisata di Hiroshima. Disini pengunjung bisa masuk ke dalam bangunan bersejarah tersebut.


DAFTAR PUSTAKA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*